Sabtu, 13 Oktober 2012

Slamet, Si Tukang Sapu yang Naik Haji Gratis


MAGELANG, Bak ketiban durian runtuh, Slamet Riyadi (49) mendapat rezeki nomplok tak terduga. Di saat  orang lain mengantri bertahun-tahun dan keluar biaya besar untuk berangkat haji, bapak yang hanya sebagai tukang sapu jalanan itu dapat dengan mudah berangkat haji di tahun 2012 ini.

Bukan tanpa sebab, ketekunannya dalam bekerja membuat Slamet warga Dumpoh Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang itu dapat naik haji gratis tahun ini karena diberangkatkan oleh Pemerintah Kota Magelang.  

Kuasa Allah SWT dalam memberikan kasih sayang tidak pernah membedakan latarbelakang manusia. Terbukti, melalui hadiah istimewa yang diberikan oleh Wali kota Magelang Ir. Sigit Widyoindito, Slamet menjadi jamaah haji yang masuk dalam Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Kota Magelang 2012 Kloter 58.

Ditemui di kantornya, Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Tata Kota (DKPT) Kota Magelang, Rabu (26/9), bapak kelahiran Magelang, 12 Oktober 1963 itu tidak mampu menyembunyikan rasa gembiranya. Sambil tersenyum lebar, ia mengaku sangat senang dapat naik haji.

"Sudah lama saya berangan-angan naik haji, tapi apa ya mungkin karena saya hanya tukang sapu. Uang dari mana, keinginan ini akhirnya terus saya pendam dalam hati. Sampai pernah bermimpi mengenakan pakaian jubah dan peci putih seperti orang berhaji. Tapi sulit karena tidak punya ongkos. 

"Namun, ternyata Allah SWT berkata lain. Alhamdulillah, saya diberangkatkan haji oleh pemerintah. Apakah ini arti dari mimpi itu ya," katanya lugu saat ditemui di sela-sela dia bekerja sebagai tukang sapu jalan.

Diceritakannya, kesempatan untuk berangkat haji itu bermula saat usai menyapu jalan, dirinya diminta menghadap Walikota di rumah dinasnya di wisma Cempaka, beberapa waktu lalu. Sesampainya di rumah dinas, ia kemudian ditanya oleh Walikota apakah punya keinginan untuk menunaikan ibadah haji. "Dengan terkejut, saya menjawab siap kalau itu adalah perintah,” ujarnya.

Slamet menjadi tenaga honorer sebagai tukang sapu jalan sejak tahun 1981 di bawah DKPT Kota Magelang.  Ia baru diangkat menjadi PNS Golongan I di Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Tata Kota (DKPT) pada tahun 2001 gajinya pun naik menjadi Rp 900 ribu. “Sekarang gaji saya mencapai Rp 2 juta per bulan,” ungkapnya.

Dengan gaji sebesar itu, dia menghidupi keluarga di rumah dengan seorang istri, Imah (47) dan empat putra. Dua putra di antaranya sudah bekerja di percetakan dan gypsum. Sementara dua putra lagi masih sekolah tingkat SMA dan SMP.

Setiap hari dia memulai pekerjaan selepas Subuh pukul 04.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Selama itu dia bertanggung jawab membersihkan ruas Jl. Ikhlas Magelang dan sesekali di ruas jalan lain. Ia memiliki pekerjaan sambilan menjadi tukang rosok di sekitar Candi Borobudur.

"Tidak ada persiapan khusus sebelum berangkat. Saya hanya menjaga kesehatan fisik dan kemantapan hati untuk bertamu di rumah Allah. Saya akan minta agar dipanjangkan umur, banyak rezeki, dan keselamatan dunia-akhirat baik bagi diri sendiri maupun teman-teman semua," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kebersihan DKPT Kota Magelang,  Widoyoko S.Sos menuturkakan, Slamet merupakan salah satu pekerja yang rajin, disiplin, dan ulet. Dia juga menjadi panutan bagi sekitar 80 tukang sapu lainnya dari sekitar 80 tenaga kebersihan yang ada di DKPT, Slamet Riyadi sengaja ditunjuk karena ia memang memenuhi kriteria untuk mendapatkan hadiah yang istimewa tersebut."Semua karyawan ikut merasa senang. Jadi, tidak ada yang iri,” ujarnya.

"Karena itulah, Pak Wali menaruh simpatik sehingga menunjuknya untuk berangkat haji tahun 2012 ini. Diambilnya tukang sapu juga sebagai hadiah dari Pak Wali karena tahun 2012 ini berhasil meraih Adipura," jelasnya.

Cara Mudah & Cepat Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah Tanpa Kendala Biaya


Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990 
Izin Umroh D/142 th 2009 & Izin Haji Plus D/80 th 2009 
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur 
Divisi Marketing Lima Utama Sukses
Konsorsium Juanda Surabaya 
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345

Kantor Pusat 
PT ARMINAREKA PERDANA 
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp : 021.3984 2982 , 3984 2964
Fax : 021.3984 2985

Tidak ada komentar:

Posting Komentar